Pencopotan Khalid yang Memilukan

English: Khalid ibn al-Walid Mosque in Syria. ...

English: Khalid ibn al-Walid Mosque in Syria. The Khalid ibn al-Walid Mosque in Hims. (Photo credit: Wikipedia)

Sejauh apa ketaatanmu pada pemimpin sahabat? Apakah setaat Khalid? Akan kukisahkan kepadamu sebuah kisah yang menyedihkan sekaligus mulia. Kisah yang bisa membuatmu menangis sekaligus bangga.

Suatu saat, di tahun 17 H, Khalid bin Walid dan pasukannya berhasil menguasai sebuah wilayah yang dikuasai oleh Romawi. Dengan kemenangan itu ia banyak mendapatkan harta rampasan perang.

Maka berbondonglah orang datang kepada Khalid untuk mendapatkan bagian dari rampasan perang. Termasuk salah seorang yang bernama al-Asy’ats bin Qais. Khalid memberikannya 10.000 dirham.

Berita ini sampai kepada Umar bin Khattab, Amirul Mukminin. Umar pun segera memerintahkan kepada Abu Ubaidah agar menghukum Khalid.

Hukumannya adalah agar tutup kepala dan surban Khalid dibuka. Dan surban yang ia kenakan harus digunakan untuk mengikat tangannya. Dan menanyakan asal dari 10.000 dirham yang telah ia berikan.

Bila uang itu adalah uangnya sendiri, maka ia telah berlaku boros. Dan bila uang itu bukan uangnya, berarti dia sudah berkhianat.

Abu Ubaidah patuh dalam menjalankan tugasnya. Ia naik ke mimbar dan membacakan perintah yang diberikan oleh Umar bin Khattab kepadanya. Namun ia tidak sanggup melaksanakannya.

Maka ia meminta Bilal bin Rabah untuk melaksanakannya. Maka yang terjadi terjadilah. Seorang panglima yang gilang gemilang dalam memberikan kemenangan dicopot dengan cara yang memilukan.

Surban dan tutup kepalanya dicopot. Tangannya diikat. Dan ia pun diinterogasi oleh Bilal tentang asal usul uang yang ia berikan. Sementara Abu Ubaidah diam menundukkan kepala.

Abu Ubaidah tidak bisa apa-apa. Ia tidak menginginkan semua hal ini terjadi.

Aku ketika membayangkan kisah ini, aku tidak bisa membayangkan betapa pilunya perasaan Khalid. Seorang yang telah memberikan banyak kemenangan dicopot dari jabatannya dengan cara yang sangat merendahkan.

Tapi Khalid menerima semua itu. Itu adalah bukti ketaatannya kepada pemimpin yang telah dipilih oleh Allah.

Bagaimana menurutmu kawan?

About these ads

Apa Hikmahnya Menurutmu Kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s